Halo para ngobroller, berikut ini saya sajikan 10 misteri dunia yg blm terpecahkan sampai saat ini. Silakan dinikmati. Sory klo repost.

10. Placebo Effect

Efek Placebo adalah ketika seseorang mengambil sesuatu yg mereka percayai adalah obat untuk penyakit yg mereka derita (yg adalah bukan benar2 obat), dan keadaan mrk jd lbh baik. Sebuah placebo adalah zat kimia yg lamban, dan ketika diambil (dgn saran dari org lain bahwa itu akan menyembuhkan mrk) membuat org tsb menjadi lbh baik, hanya karena mereka mengharapkan atau percaya bhw itu(obat) akan menyembuhkan mereka. Mengapa ini bisa terjadi adalah misteri dan ini hnylah satu dari byk hal2 rumit yg berhubungan dgn tubuh-otak kita. Dlm kenyataannya, tubuh kita sendiri menyimpan byk misteri yg tak terpecahkan.

9. Panspermia

Bgmn kehidupan di bumi bisa muncul? Ilmu pengetahuan mengatakan bhw kehidupan dimulai ketika planet tsb cocok dgn habitat kita skrg. Namun darimanakah dtgnya organisme2 mikro spt bakteri? satu hipotesa adalah panspermia, yg mngatakan bhw "bibit kehidupan" berada dimana2 di seluruh tata surya ini, dan bhw kerhidupan di bumi dimulai ketika "bibit" ini dtg ke bumi, mungkin dibawa oleh meteor. Panspermia juga mengatakan bhw bibit ini dibawa ke habitat lain di suatu tempat di tata surya ini. Sesuatu yg mirip dgn cerita ini adalah exo-genesis. yg mengatakan bhw kehidupan telah di bawa ke bumi milyaran tahun yg lalu. Ada yg percaya dibawa oleh alien. Walaupun bbrp pernyataan skeptis ttg bgmn kehidupan bisa ada di ruang angkasa dan terbawa ke planet lain, ada bukti kuat bhw btk kehidupan tertentu, spt bakteri dapat bertahan di ruang angkasa, mgkn dlm keadaaan tidak aktif(tidur).

8. Kepunahan Masal

Dari kematian dinosaurus, sampai hilangnya binatang2 di Zaman Permian, kepunahan masal sdg terjadi bahkan sampai sekarang. Kadang2, penyebabnya jelas. Kita menghancurkan biosfer dan atmosfer, dan ilmuwan memprediksi bhw 100 thn lagi, 50% dari seluruh species yg hidup skrg ini akan menjadi punah. Selama masa kepunahan dinosaurus, buaya dan kura2 yg ada pd masa itu bertahan hidup, bhkn sampai saat ini, sementara dinosaurus, pterosaurus, reptil laut dan lainnya punah. Sampai saat ini, itu adalah misteri dan tanpa mesin waktu kita takkan pernah tahu.

7. Zombie di Haiti

Haitan Vodou, bagian dari praktek religius, telah lama dianggap sebagai praktek iblis. Dan dasar dari kecurigaan ini adalah vodou digunakan untuk menciptakan zombie. Bukan zombie spt di dlm film Hollywood. Bukan zombie pemakan otak. Zombie dlm hal ini adalah manusia dibawah sadar yg melakukan semua yg diperintahkan.

6. Intuisi

Pernahkah anda mempelajari sesuatu tanpa benar2 memahami bgmn anda bisa mengetahuinya? Itulah intuisi. Kdg2 disebut indra keenam, intuisi adalah kemampuan mendapatkan pengetahuan tanpa sumber dan alasan yg jelas. Bbrp org menyatakan bhw seseorg sdg mengawasi mrk, dan mereka melihat sekliling dan mengetahui bhw mmg demikian. Atau seorang polisi bisa mengetahui seorang tersangka atau siapa yg bersalah dan kemudian menemukan bhw mereka benar. walaupun ada yg mengatakan bhw ini hnylah sebuah kebetulan, yg lain percaya bhw otak manusia pny kemampuan spesial untuk mendapatkan pengetahuan disekitar mereka tanpa memahaminya dgn jelas. ini adalah misteri lain dari pikiran manusia.

5. 2012

Apa yg membuat tahun ini begitu spesial? Kenyataan bhw Olimpiade akan diadakan di London? tidak. Bangsa Kuno Maya, dari Amerika Tengah, memiliki kalender khusus yg perhitungannya sangat akurat. Dan diprediksikan bhw akhir kehidupan umat manusia adalah pd bulan Desember 21, 2012. Orang maya juga ahli mate dan perbintangan(mereka dgn akurat memprediksi sebuah gerhana yg terjadi ratusan tahun kemudian). Jadi apakah yg diramalkan bangsa Maya ini benar? Kenyataannya adalah pd tahun tsb, seluruh planet kita akan melewati pusat galaksi kita, sesuatu yg terjadi sekali dlm 26000 tahun. dan ada resiko bhw akan terjadi pergantian sumbu rotasi (mis : pergantian sumbu rotasi mars dgn bumi). Kedengarannya gila, tp ilmuwan mengatakan bhw hal ini telah terjadi. Juga, kalender India, Kali Yuga, berakhir pada tahun 2012.

4. Kehidupan di Planet Lain

Ada sekitar 277 planet lain yg tercatat di sekitar galaksi kita, akan tetapi, tidak ada kepastian bhw ada kehidupan di salah satu planet tsb. Bbrp org percaya bhw mungkin ada kehidupan di tata surya yg tdk kita ketahui. Spt bulannya Neptunus, Triton atau bulannya Saturnus, Europa, mgkn ada kehidupan atau telah memilki kehidupan. Dan ada bukti kuat bhw air pernah mengalir di planet Mars, tetapi msh blm ada yg pasti.

3. Garis Nazca

Merupakan simbol raksasa yg tergambar dgn rapi. Panjangnya ratusan meter. Spt digambar oleh raksasa ribun tahun lalu. dan hal yg aneh adalah garis2 ini hny bisa dilihat dari udara. Jd bgmn bangsa kuno Nazca menggambarnya. Peneliti mengatakan bhw mgkn bangsa Nazca menciptakan balon udara atau layang2 untuk terbang dan melihat hasil kerja mereka. Kegunaan garis2 ini msh blm diketahui dgn pasti, ada yg mengatakan bhw garis2 ini digunakan sebagai kalendar untuk melihat pergerakan bintang dan planet2. Ada juga yg mengatakan bhw alienlah yg menggambar garis2 ini. Namun, semua masih misteri.

2. Struktur Megalitik

Struktur megalitik merupakan sesuatu yg besar yg diciptakan dari batu. Bisa saja patuing, atau pola2 yg digambar pada batu tsb. Misteri sebenarnya adalah, bgmn mereka bisa menciptakan benda sebesar itu? Mereka tidak pny teknologi yg memadai untuk itu. Stonehenge adalah sebuah contoh. Laninnya adalah Great Pyramid di Giza. Bahkan, tujuan dibentuk bangunan tsb tidak jelas (stonehenge). Ilmuwan mengatakan bhw mgkn ada sebuah peradaban kuno yg sangat maju dan merekalah yg memberikan pengetahuan untuk membangun benda spt itu. Namun tidak ada bukti kuat. Contoh lain : Easter Island Heads, Pyramid of The Sun(Di Mesoamerica), dan Colossus of Rhodes.

1. Terbentuknya Jagad Raya

Jagad raya sangatlah luas dan menyimpan byk misteri. Dan mgkn misteri terbesar adalah bagaimana jagad raya bisa terbentuk. Ilmuwan mengatakan bhw ada sebuah ledakan maha-dahsyat milyaran tahun lalu yg disebut Big Bang. Teori tsb skrg umumnya diterima, dan ilmuwan mencari jejak energi yg tertinggal dari ledakan tsb yg menciptakan trilliunan bintang. Namun tidak ada bukti mutlak. Tapi terciptanya jagad raya adalah sesuatu yg terlalu besar utk terjadi begitu saja. Masyarakat religius akan mengatakan bhw Tuhan/Allah/Vishnu menciptakan jagad raya. Tapi ilmuwan mengatakan bhw terjadi Big Bang, dan ada energi dari ledakan bergerak menuju jagad raya dan energi itu mencoba menemukan pusat ledakan. Jadi, perdebatan terjadi. Religi vs Ilmuwan mungkin adalah konflik terbesar di dunia. Tapi apakah itu religi? Ada begitu byk jenis. Dan perbedaan antara religi Kristen dan mitologi Yunani? Tidak ada yg percaya pada mitologi Yunani lagi. Tapi apakah itu ilmu pengetahuan? dan matematika? Itu adalah hal yg diciptakan oleh manusia. Jadi sblm mengatakan bhw manusia menciptakan Tuhan dan Ilmu Pengetahuan membuktikannya, org2 seharusnya menyadari bhw manusia jugalah yg menciptakan ilmu pengetahuan. Dan mungkin, jagad raya adalah hny sesuatu yg terbentuk didalam pikiran kita.

--END--

0 komentar:

Posting Komentar